Cara Menyiram Pohon Yang Bijak dan Bajik

Bagaimana cara Anda menyiram pohon kesayangan Anda?

Apakah dengan cara mengguyur air ke pohon tersebut dari bagian atasnya sehingga membasahi seluruh bagian pohon tersebut? Banyak saudara-saudara kita yang menyiram pohon kesayangan kita dengan cara begitu. Lebih tepatnya, mereka menyiram pohon dari atas ke bawah, dan memastikan bahwa seluruh daunnya menjadi basah terkena siraman air. Mereka yakin bahwa dengan cara seperti itu, sang pohon akan kembali menjadi segar karena air yang dibutuhkan sudah diguyurkan ke setiap daunnya.

Kita biasanya meniru ‘perbuatan’ sang hujan ketika membasahi pepohonan. Air hujan yang turun akan membasahi pepohonan, sampai ke daun-daunnya, bahkan sampai ke ranting-rantingnya. Dan dengan demikian maka sang pohon telah paripurna mendapatkan air yang amat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesegarannya.

Cara menyiram pohon yang salah.

Kita sering melihat saudara-saudara kita menyiram pohon kesayangan mereka dengan cara menyiramkan air ke ‘tubuh’ pohon tersebut. Umumnya orang berfikir bahwa kalau ingin merawat tanaman mereka, maka mereka menyiramkan air ke pohonnya, apalagi menyiramkan air itu langsung ke daun-daunnya sehingga seluruh daunnya harus basah. Itu adalah cara menyiram air yang keliru.

Tumbuhan atau pohon jelas membutuhkan air. Nah dari manakah pohon tersebut mengambil air atau mendapatkan air? Apakah dari air yang menempel di daun-daunnya atau dari air yang membasahi ranting dahannya? Tidak sama sekali.

Tetes-tetes air yang tinggal atau berada di dedaunan misalnya, tidak lah akan diambil oleh pohon tersebut untuk proses kelangsungan hidupnya. Tetes-tetes air yang ada terdapat di dedaunan, pastilah akan lenyap diterpa angin alias kering menguap. Jadi, tidak ada sepeserpun dari tetes air itu yang berada di dedaunan yang bermanfaat bagi sang tumbuhan.

Selain keliru, menyiram pohon dengan cara menyiramkan air ke pohon itu sendiri juga akan dianggap sebagai perbuatan yang MUBAZIR karena pasti akan membuang air di dalam jumlah yang cukup banyak. Sayang, kan kalau kita membuang air dengan cara sia-sia?

Cara menyiram pohon yang benar.

Sebenarnya tidak lah demikian. Menyiram pohon yang baik dan benar, adalah dengan pertama-tama memperhatikan bahwa pohon itu butuh air ‘untuk apa’. Ya, tentunya untuk kelangsungan hidupnya. Buat apa lagi.

Kalau Anda hendak menyiram pohon, maka TUANGKANLAH air ke tanah tempat pohon itu tumbuh atau  berdiri. Sekali lagi, siramkanlah air tersebut ke TANAH tempat pohon itu tumbuh dan berdiri.

Pohon akan mengambil air DARI AKARnya YANG BERADA DI DALAM TANAH. Keseluruhan air yang berada dan berproses di dalam tubuh pepohonan adalah berasal dan diambil dari akar, dan akar itu mengambil air dari tanah. Maka dari itu, jika kita ingin menyiram pohon, maka tuangkan saja airnya ke tanah tempat pohon itu berdiri. Dijamin, seluruh air yang masuk ke dalam tanah itulah yang akan diserap akar sang pohon.

Kalau kita menyiram pohon dengan cara menuangkan air ke tanahnya, maka dua hal akan diperoleh,

Pertama, bahwa sang pohon akan mendapat air secara maksimal.

Kedua, tentunya, kita terhindar dari perbuatan mubazir. Bayangkan, air seember misalnya, disiramkan keseluruhan bagian pohon. Yang mencapai tanah hanya 1 per 10 nya, sementara 9 per 10 nya NYANGSANG ke bagian pohon bagian atas sebagai daun, batang, ranting, pucuk dan lain lain. Sementara yang masuk ke tanah untuk diserap oleh sang pohon hanya 1 per 10 nya. Bukankah tindakan itu hanya akan merugikan kita sebagai pemilik air, dan sekaligus merugikan sang pohon itu sendiri? Seharusnya pohon itu mendapatkan air secara utuh yaitu SEEMBER. Namun karena menyiramnya dengan cara yang sembrono, maka sang pohon hanya mendapatkan 1 per 10 dari air seember.

Kalau kita menyiram pohon dengan cara menuangkan air ke tanahnya, maka dengan demikian kita tidak perlu lagi menuangkan keseluruhan air yang di ember. Cukup 1 per 3 saja, itu sudah cukup. Asalkan airnya merembes ke tanahnya dengan baik, maka dijamin sang akar akan mendapatkan pasokan airnya secara memadai.

Selamat mengikuti.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s