Apakah Itu Tablet?

tablet-mesopotamia

Kalau ada orang menyebut Tablet di jaman sekarang, pasti artinya adalah sebuah gadget canggih yang harganya jutaan. Di dekade sebelumnya, yang namanya tablet pastilah berarti obat, obat yang diminum, dan dibedakan dari kapsul yang bentuknya lonjong seperti lontong. Akhirnya kita jadi bertanya-tanya, mengapa gadget yang canggih itu disebut tablet? Bukankah  tablet artinya adalah obat? Apa hubungannya antara obat minum dengan gadget sehingga sama-sama dinamakan tablet?

Di satu ketika, tablet itu berarti obat.

Di satu ketika yang lain, tablet itu berarti gadget IT yang canggih.

Dan satu ketika yang lain lagi, tablet berarti lempengan batu tempat 10 Perintah Tuhan ditatahkan untuk Nabi Musa.

Bagaimana ini?

Tablet adalah suatu lempengan batu, baik batu alami mau pun yang berasal dari adonan (yang kemudian mengeras menjadi seperti batu), yang di atasnya ditatahkan tulisan / huruf.

Kita tengok kisah Nabi Musa. Musa as naik ke puncak Sinai. Di sana sang Nabi bertemu dengan Tuhan untuk keperluan menjelaskan Hukum-Hukum Tuhan untuk bangsa Israel. Apa yang dilakukan Tuhan adalah menatahkan kesepuluh Hukum tersebut di atas lempengan batu yang diambil dari bebatuan gunung Sinai. Lempengan batu yang jumlahnya 10 itulah yang dinamakan tablet. Di dalam bahasa Alkitab atau bahasa Yunani, lempengan batu itu disebut tablet. Di dalam Alquran, tablet Nabi Musa ini disebut luh-luh, loh-loh, atau alwah.

Maka dari sini, kita mengetahui bahwa tablet berarti lempengan batu, yang di atasnya ditatahkan huruf-huruf.

Kemudian obat. Mengapa obat dinamakan tablet?

Obat tablet, sebenarnya ‘di-analogikan’ sebagai lempengan batu yang terbuat dari adonan yang kemudian mengeras. Kita melihat bahwa di atas obat tersebut, ditatahkan huruf-huruf, atau juga merek dari Perusahaan obat, bahkan bisa jadi huruf tersebut adalah nama dari sang obat.

Itulah sebabnya, obat minum tersebut dinamakan tablet, karena pada dasarnya merupakan ‘lempengan batu’ yang di atasnya ditatahkan huruf atau merek yang berisi pesan.

Kemudian, bagaimana dengan gadget IT yang disebut tablet? Apakah gadget tersebut terbuat dari batu? Tentu saja tidak.

Penamaan tablet untuk gadget IT ini sebenarnya juga merupakan proses analogi. Gadget ini DIANGGAP sebagai lempengan batu, karena pada dasarnya gadget ini keras, bisa buat menggetok kepala orang. Dan kemudian di permukaan gadget ini pasti akan berisi penuh dengan tulisan, seolah huruf-huruf tersebut ditatahkan ke atasnya. Maka dari sinilah gadget ini disebut tablet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s