Definisi Definisi Adalah

alamandang-petrus74

Kalau kita membaca buku teksbuk (textbook) khususnya semasa di pendidikan formal, pasti kita diharuskan menghafal sebuah definisi. Definisi biologi adalah, definisi negara adalah, definisi kurva adalah ….. Demikianlah kira-kira bacaan yang harus kita lahap kalau kita ingin naik kelas dan menjadi anak pintar di sekolah.

Sebenarnya, apakah definisi itu? Mungkin yang kita tahu tentang definisi adalah, mengartikan suatu ilmu di dalam kata-kata yang sederhana dan singkat yang harus dapat dimengerti oleh orang awam.

Wikipedia menyebutkan demikian,

Definisi adalah suatu pernyataan mengenai ciri-ciri penting suatu hal, dan biasanya lebih kompleks dari arti, makna, atau pengertian suatu hal. Ada berbagai jenis definisi, salah satunya yang umum adalah definisi perkataan dalam kamus (lexical definition). (Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Definisi ).

Definisi berasal dari bahasa asing, tentunya. Kata pokok di dalam kata definisi adalah fine. Di dalam bahasa Inggris, arti fine adalah,

  1. Murni.
  2. Baik / sempurna.
  3. Yang paling akhir, final.
  4. Di dalam konteks yang lain, fine berarti denda. Namun arti ini di luar konteks pembicaraan mengenai arti definisi.

Di dalam industri parfum misalnya, ada istilah refinery, yang artinya adalah penyulingan. Kata ini juga berpokok pada kata fine, yang artinya seperti yang tertera pada 3 point pertama di atas.

Di dalam proses refinery, cairan yang kira-kira masih mentah, dimasukkan ke dalam semacam tabung, kemudian akan digodok. Hasil dari godokan ini, akan didapat cairan yang paling murni yang tidak lagi mengandung atau bersama-sama unsur lain yang tidak diinginkan. Jadi, hasil akhir dari penyulingan adalah unsur yang hanya benar-benar diinginkan, meninggalkan unsur lain yang sama sekali tidak diinginkan.

Jadi, penyulingan akan memberikan:

  1. Produk yang sudah murni.
  2. Produk yang sudah benar-benar sempurna karena sudah siap untuk dinikmati.
  3. Produk yang sudah melewati tahap akhir.

Kembali ke kata definisi.

Kata definisi, berpokok pada kata fine, mendapat awalan /de/, dan mendapat akhiran /si/. Jadi, arti dari definisi adalah, sebaris kalimat yang terdiri dari kata-kata, yang mana jumlah dan penggunaan kata-kata tersebut adalah yang paling minim dan sederhana, untuk melukiskan suatu istilah, namun sebaris kalimat tersebut merupakan sebaris kalimat yang paling sempurna untuk tujuan tersebut.

Itulah sebabnya, tidak ada di dalam Dunia pendidikan / retorika di mana definisi hadir di dalam lebih dari satu kalimat. Definisi selalu hanya berjumlah satu kalimat. Kalau lebih dari satu / sebaris kalimat, maka hal itu tidak lagi disebut definisi. Dengan sebaris kalimat itu, setiap orang khususnya orang awam pun segera mengerti apa yang dimaksud dengan sebaris kalimat itu, yang pada pokoknya merujuk pada suatu hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s