Definisi Mineral Adalah

alamandang-bayu74

Mineral diketahui sebagai bahan / unsur / zat yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan yang bergizi pasti harus mengandung mineral, seperti zinc, zat besi, zat kapur, kalsium dan lain lain. Air mineral, disebut demikian, karena di dalam air kemasan tersebut sudah mengandung mineral yang amat diperlukan oleh tubuh, untuk membedakan dengan air biasa yang dimasak di rumah.

Sebenarnya, apakah mineral itu?

Menurut artikel wikipedia, mineral adalah,

…….. senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.

Agar dapat diklasifikasikan sebagai mineral sejati, senyawa tersebut haruslah berupa padatan dan memiliki struktur kristal. Senyawa ini juga harus terbentuk secara alami dan memiliki komposisi kimia yang tertentu. Definisi sebelumnya tidak memasukkan senyawa seperti mineral yang berasal dari turunan senyawa organik. Bagaimanapun juga, The International Mineralogical Association tahun 1995 telah mengajukan definisi baru tentang definisi material:

Mineral adalah suatu unsur atau senyawa yang dalam keadaan normalnya memiliki unsur kristal dan terbentuk dari hasil proses geologi.

Klasifikasi modern telah mengikutsertakan kelas organik kedalam daftar mineral, seperti skema klasifikasi yang diajukan oleh Dana dan Strunz. (Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Mineral ).

-o0o-

Mineral, berasal dari kata mine, di dalam bahasa Inggris yang berarti ‘tambang’, ‘pertambangan’. Kemudian, miner, berarti ‘penambang’, ‘petambang’, alias orang yang bekerja di pertambangan. Dan akhirnya, diberi akhiran ‘al’, maka jadilah kata mineral.

Definisi mineral adalah bahan-bahan atau zat-zat, baik ia bermanfaat bagi tubuh masalah mau pun yang berbahaya, yang pada awalnya zat tersebut dikenal melalui atau sebagai hasil pertambangan – yang digali dari perut bumi.

Itulah sebabnya, di dalam makanan kita dikenal gizi yang disebut zat besi. Apakah manusia sebenarnya makan besi? Tentu saja tidak. Manusia mana yang kuat makan besi? Namun dikatakan zat besi karena kandungan tersebut pertama kali dikenal sebagai barang tambang. Demikian juga dengan zinc alias seng. Seng kita kenal sebagai logam yang biasanya wujud di dalam bentuk atap seng yang diletakkan di atas rumah, mau pun sebagai dinding pembatas ruang sementara. Namun apakah itu berarti kita makan seng? Zinc sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dan unsur-unsur kimia yang membentuk zinc tersebut, adalah unsur-unsur yang membentuk seng, hanya saja kadarnya jauuuuuuuuuuh berbeda.

Nah, kalau zat kapur yang harus ada di dalam menu makanan? Apakah Anda pernah makan kapur yang biasa digunakan pak dan bu guru ketika mengajari anak-anak di kelas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s