Definisi Rumahtangga Adalah

Apakah sebenarnya pengertian rumahtangga secara etimologis itu?

Rumahtangga adalah lembaga dimana di dalamnya terdapat sepasang suami istri, dan kemudian anak-anaknya yang akan dibesarkan oleh suami istri itu sebagai ayah dan bunda. Ini adalah pengertian rumahtangga secara definitif, karena rumah tangga tidak pasti tidak mengikut sertakan keponakan, pembantu dlsb.

Dan kemudian, secara perkata, apakah arti rumahtangga itu? Mengapa pilihan katanya adalah rumah dan tangga? Kalau rumah jelaslah semua orang sudah mafhum akan artinya, yaitu sebuah bangunan fisik yang minimal mempunyai 4 dinding, mempunyai pintu, jendela dan kemudian atap. Lantas tangga?

Mengapa lembaga yang menghimpun suami istri ini harus menyandang kata tangga? Apakah suatu rumah harus mempunyai tangga supaya mereka sekeluarga dapat hidup layak? Dan bagaimana jika rumah mereka tidak mempunyai tangga?

Ada beberapa ahli yang menjelaskan, bahwa kata tangga dalam rumahtangga berarti susunan atau tingkat, mungkin semacam hirarki, baik hirarki tanggungjawab, hirarki wewenang, hirarki kepatuhan, dlsb. Jadi, dengan menganggap bahwa tangga adalah susunan, maka para pemikir menjelaskan bahwa dalam rumahtangga harus ada susunan dan tingkatan wewenang dan tanggungjawab yang diatur dan dikelola dengan baik sehingga tercipta harmoni yang apik. Rumahtangga akan kacau-balau jika insan-insan yang berdiam di dalamnya tidak berlaku sesuai dengan tingkatannya dalam rumahtangga tersebut. Misal saja si istri berlaku sebagai suami, suami berlaku seperti anak dan seterusnya.

Jadi dalam penjelasan tersebut, tangga pengertiannya adalah tangga secara literal, harfiah.

Tenggarong.

Di Kalimantan terdapat suatu kota yang bernama Tenggarong. Secara perkata, Tenggarong berasal dari kata tangga dan arung. Tangga berarti istana, sementara arung berarti raja. Dengan demikian Tenggarong berarti istana raja.

Aji Imbut yang gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin memindahkan ibukota Kesultanan Kutai Kartanegara ke Tepian Pandan pada tanggal 28 September 1782. Perpindahan ini dilakukan untuk menghilangkan pengaruh kenangan pahit masa pemerintahan Aji Kado dan Pemarangan dianggap telah kehilangan tuahnya. Nama Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang berarti Rumah Raja, lama-kelamaan Tangga Arung lebih populer dengan sebutan Tenggarong dan tetap bertahan hingga kini. Sultan Aji Muhammad Muslihuddin merupakan pendiri Kota Tenggarong. – Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Aji_Muhammad_Muslihuddin — 31 Juli 2013.

Dari kasus kata Tenggarong ini yang mana kata tangga-nya berarti istana, maka dapat kita temukan arti rumahtangga yang sebenarnya, yaitu ‘rumah istana’. Penempatan kata yang bermakna ‘rumah istana’ ini hanya atas dasar semangat romantisasi saja – biasalah, karena yang terlibat dalam rumah tangga adalah sepasang anak manusia yang sedang dimabuk asmara. Jadi, walau pun rumah yang akan ditempati pasangan suami istri itu hanya merupakan rumah kayu yang amat sederhana, tetap saja di mata suami istri yang mabuk asmara itu adalah lebih indah dari istana mana pun. Dan juga itulah sebabnya mereka mengatakan bahwa rumah mereka adalah rumah istana, bukan rumah biasa.

Sekarang jelaslah sudah bahwa rumahtangga adalah padanan kata untuk ‘rumah istana’ sebagai bentuk romantisasi kehidupan domestik dan privat sepasang suami istri. Definisi rumahtangga adalah rumah istana, untuk membiarkan ruh kehidupan pernikahan menjadi lebih indah dan berkuasa, seperti Raja dan Ratu yang memerintah dengan cinta abadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s