Ternyata Bahasa Melayu Dan Bahasa Inggris Adalah Seumur

bahasaTidak bisa diingkari bahwa pada jaman sekarang ini, bahasa Inggris merupakan bahasa terunggul di dunia karena penggunaannya yang meluas. Tampaknya ketangguhan angkatan perang Inggris di dunia menjadi satu-satunya alasan bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini.

Kita sebagai bangsa Melayu, tentunya merupakan bangsa yang bangga dengan bahasa Melayu, yang di Indonesia disebut sebagai bahasa Indonesia. Memang harus diakui bahwa porsi yang didapat bahasa Melayu di tengah kancah pergaulan dunia, tidak seluas dan seperkasa bahasa Inggris. Bahasa Melayu paling banyak digunakan sebagai lingua franca di kawasan Asia Tenggara, yang meliputi Malaysia, Indonesia, Brunei, Singapura, sebagian Thailand, dan sedikit Philipina.

Ada satu fakta yang unik, bahwa ternyata bahasa Inggris dan bahasa Melayu mempunyai umur yang sama secara sejarah, tidak berpaut jauh. Baiklah akan dipaparkan di bawah ini sejarah masing-masing sejarah kedua bahasa tersebut.

Bahasa Melayu (Kuno)

Bahasa Melayu tergolong dalam keluarga bahasa Nusantara di bawah golongan bahasa Sumatera. Bahasa Melayu kuno digunakan pada abad ke-7 hingga abad ke-13 pada zaman kerajaan Sriwijaya. Pada waktu itu, BM kuno telah menjadi lingua franca dan bahasa pentadbiran karena sifat bahasa Melayu yang bersifat sederhana dan mudah menerima pengaruh luar. Bahasa Melayu juga tidak terikat kepada perbedaan susun lapis masyarakat dan mempunyai sistem yang lebih mudah dibanding bahasa Jawa.

Oleh sebab agama Hindu menjadi pegangan orang Melayu ketika itu, bahasa Melayu banyak dipengaruhi sistem bahasa Sanskrit yang menyumbang pengayaan kosakata dan ciri-ciri keilmuaan (kesarjanaan) Bahasa Melayu. Bahasa Sanskrit dianggap sebagai bahasa sarjana dan digunakan oleh bangsawan. Bahasa Melayu juga mudah dilentur menurut keadaan dan keperluan.

Bukti penggunaan Bahasa Melayu kuno dapat dilihat pada batu-batu bersurat abad ke-7 yang ditulis dengan huruf Palawa yaitu:

  1. Batu bersurat di Kedukan Bukit, Palembang (683 M)
  2. Batu bersurat di Talang Ruwo, dekat Palembang (684 M)
  3. Batu bersurat di Kota Kampur, Pulau Bangka (686 M)
  4. Batu bersurat di Karang Brahi, Meringin, daerah Hulu Jambi (686 M)

Berdasarkan isinya, penulisan di batu bersurat tersebut dibuat atas arahan raja Srivijaya, sebuah kerajaan yang mempunyai kekuasaan meliputi Sumatera, Jawa, Semenanjung Tanah Melayu, Segenting Kra dan Sri Lanka. Oleh karena itu, ini menunjukkan bahwa Bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa resmi dan bahasa pentadbiran kerajaan Srivijaya, sekaligus meluaskan Bahasa Melayu ke tanah jajahan takluknya. Walaupun bahasa pada batu bersurat itu masih berbahasa Sanskrit, akan tetapi masih terdapat pengaruh Bahasa Melayu Kuno di dalamnya.

Istilah Melayu timbul buat pertama kali dalam tulisan Cina pada tahun 644 dan 645 Masehi. Tulisan ini menyebut mengenai orang Mo-Lo-Yue yang mengirimkan utusan ke Negeri China untuk mempersembahkan hasil-hasil bumi kepada Raja China. Letaknya kerajaan Mo-Lo-Yue ini tidak dapat dipastikan tetapi ada yang mencatatkan di Semenanjung Tanah Melayu dan di Jambi, Sumatera.

Sumber, http://bmstpm.blogspot.com/2008/11/sejarah-perkembangan-dan-asal-usul.html?m=1

Dari paparan sejarah di atas, terlihat bahwa bahasa Melayu telah lahir ke dunia ini pada tahun 600-an Masehi, atau sejaman dengan abad di mana Muhammad Saw menjalankan tugas kenabiannya.

Bagaimana dengan umur bahasa Inggris? Berikut paparan sejarahnya.

Sejarah bahasa Inggris

Sejarah bahasa Inggeris bermula dari lahirnya bahasa Inggris di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu.

Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah yang sekarang disebut Belanda dan Jerman.

Pada awalnya, bahasa Inggris Kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya yang berdominasi. Lalu bahasa Inggris Kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang invasi.

Sumber, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_bahasa_Inggris

Dari paparan ilmiah yang berasal dari portal wikipedia ini, terungkap bahwa bahasa Inggris terlahir ke dunia ini sekitar 1500 tahun yang lalu (sekarang tahun 2015), yang mana itu berarti bahwa ‘bayi’ bahasa Inggris lahir pada tahun 500-an masehi.

Dapat disimpulkan, bahwa jarak lahir antara bahasa Melayu dengan bahasa Inggris hanya terpaut 100 tahun, di mana bayi bahasa Melayu lahir ke dunia pada tahun 600-an, sementara bayi bahasa Inggris terlahir pada tahun 500-an.

Wallahu a’lam bishawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s